Rabu, 21 Agustus 2013

TRAGEDI PAKAN BEBEK....



Jadi inget film WARKOP atau cerita Si Kabayan kalau inget kejadian kemaren sore, sekedar informasi aja kalau ane sekeluarga merantau di Thailand dan sudah tinggal di sini hampir 2 tahun. Kami tinggal di perumahan yg nyaman dan deket dengan tempat kerja. Setelah tinggal satu atau dua bulan ane memutuskan memelihara ayam hutan dengan pertimbangan sering sisa nasi terbuang percuma, dengan adanya si ayam paling enggak nasi bias dimanfaatkan (ajas manfaat selalu berlaku he….he….). Beberapa bulan kemudian peliharaan udah bertambah dengan datengnya sepasang anak Mentok pemberian dari temen kerja. Bulan demi bulan berlalu sampai hamper menginjak 2 tahun, ayam udah jadi 6 ekor dan mentok jadi 3 ekor (mantep kan………).

Untuk ngempanin semua peliharan udah gak cukup lg klw ngandelin sisa nasi, bisa nangis berdarah2 kalau semua harus di empanin nasi. Bayangkan aja beras yg ane konsumsi harganya sekitar Rp 12000 per Kg, walhasil wajib beli pakan ayam sebagai tambahannya. Sebenernya ane udah  punya langganan penjual pakan ternak yg kebetulan barang dagangannya ada di etalasenya, sehingga klw beli kagak usah pake ngomong tinggal tunjuk aja, maklum hamper semua penjual tradisional di sini kagak ngerti bahasa Inggris. Tapi berhubung stok di langganan habis maka mau gak mau ane nyari2 penjual pakan ayam yg lainya, walhasil ane dapet satu alamat penjual lengkap dengan peta lokasinya. Dan dari sinilah kejadian itu bermuala…………………………….

Sepolang kerja ane langsung meluncur ke TKP sesuai denah………….
Pas nyampe TKP celingak celinguk nyari yg jual pakan ayam, di TKP cuman ada satu warung kelontongan tanpa ada tanda-tanda kalau dia jualan pakan ayam…(mampus dah gua………)
Akhirnya ane nanya ma ibu penjual (pake  bahasa local tentunya he…he…..)

Ane: Kautot Khun au seu khin phet (maaf saya mau beli makan bebek……… sebenernya ane gak yakin ucapan ane bener)

Yg Jual: (keliatan bingung) terus ngomong cepet banget gak ngerti maksudnya apa….

Ane: Au seu khin phet, me may (mau beli makan bebek, ada nggak……kayaknya bener deh ucapan ane salah) 

Yg Jual: Me….neung lo neung loy (ada sekilonya Rp 30 rb)

Ane: (dalam hati sialan kok mahal amat biasanya sekilo sekitar 6 rb perak) day check may (bisa ngechek dulu gak)

Yg jual gak jawab dia langsung ngeloyor kedalem, ane langsung resah jangan jangan dia jual bebek beneran bukan pakan bebek…..
Dan lima menit kemudian dia nongol sambil bawa bebek hidup di keresekin langsung di timbang ama dia………(wah katro nih gw…)
Dalam panic ane coba ngejelasin ke dia.........

Ane: kautot na Khun, I metong phet I tongkan kin pet (maaf saya gak mau beli bebek saya mau beli makan bebek……..omongan ane kecampur2 yg bener tuh untuk menyebut aku bukan dengan kata I (ini mah bahasa inggris) tapi pake phom)

Diluar dugaan tampangnya dia langsung gak bersahabat sama ngomong omongan ayg ane kagak ngarti, dalam panic ane inget ada temen yg orang Surathani (daerah perbatasan Malaysia) jadi dia ngerti dikit2 bahasa melayu, langsung aja ane telefon dia…..

Ane: Maaf Ruslan(nama temen ane), aku perlu bantuan kamu

Ruslan: Bisa…bisa…..ada apa?

Ane: saya mau beli makanan ayam tapi saya tidak tau namanya dalam bahasa Thailand kamu bisa tolong saya ngomongin ke yg jual?

Ruslan: (kayaknya dia bingung) Oh….kamu mau beli ayam?

Bayangin aja saudara-saudara betapa tersiksanya ane ditengah percakapan ala dono warkop dan di bawah tatapan sadis ibu penjual yg masih megangin bebek hidup dalam kantong keresek…………………………………….
Ane: (mampus gua)bukan……saya mau beli makanan ayam……

Ruslan: Oh……Kamu mau makan ayam?

Ane: (mampusnya udah ditambah kuadrat) Bukan….bukan….jadi gini Ruslan saya kan dirumah punya  ayam…..

Ruslan: Kamu punya ayam……..(dia niruin ucapan ane…..)

Ane: ayam saya lapar mau makan…….

Ruslan: Kamu lapar mau makan  ayam?

Ane: (mulai putus asa…..)Bukan…bukan…….ayam saya lapar dan harus saya kasih makan……

Ruslan: Oh……..kamu mo ngajak makan ayam….kapan?

Ane: (putus asa…..) Bukan….bukan…..(kayaknya kalau ada ayam goring di depan ane dah ane sikat abis saking putus asa  dan frustasi…..)

Ditengah keputus asaan ane tiba2 temen ane yg ngasih alamat penjual makanan ayam itu lewat, langsung ane panggil dan maintain tolong untuk jelasin ke penjual………
Dan ternyata penjual itu masih megangin bebek dalam keresek sambil menunjukan wajah masamnya, mata melotot ngeliatin tingkah polah dan omongan ane………..
Temen ane ngejelasin ke penjual itu apa yg ane mau dan sekaligus mintai maaf………. Setelah di jelasi ma temen ane baru deh tuh ibu warung ketawa-tawa…….
Karena ternyata apa yg ane ucapin emang salah kaprah………….contohnya……
Khin phet atrinya emang makan bebek
Sedangkan makanan bebek nama lokalnya Ahan……jauh kan….
Nah yg paling parah kata…..
Kautot: kalau intonasinya pas artinya memang “maaf” cuman berhubung intonasi ane salah maka artinya jadi “titit alias barangnya laki laki” pantesan aja si Ibu penjual masang tampang asem ama ane……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar