Selasa, 15 Mei 2012

Wat Sai Floating Market, Belanja Unik di Pinggiran Bangkok

Jika Banjarmasin punya Pasar Terapung Muara Kuin maka Thailand punya Wat Sai Floating Market. Wat Sai Floating Market pun menjadi pusat kegiatan jual beli di atas sungai di pinggiran Bangkok.




 Thailand merupakan negara yang memiliki banyak sekali objek wisata dari mulai wisata belanja, wisata alam dan wisata malam yang semuanya di tata dengan cukup apik. Semuanya terlihat menarik, salah satunya adalah Wat Sai Floating Market atau pasar terapung.

Pasar terapung ini mungkin kurang familiar bagi wisatawan asing yang datang ke Thailand, padahal letaknya hanya berjarak sekitar 10 km dari Bangkok. Di Wat Sai floating Market selain bisa melihat aktivitas pasar terapung kita juga bisa melihat-lihat bangunan candi atau sejenis tempat beribadah umat Budha.



Keadaannya memang sama layaknya pasar-pasar yang lain hanya saja kegiatan jual belinya dilakukan di atas perahu. oleh sebab itu, bila ingin melihat langsung suasana transaksi di Wat Sai Floating Market kita harus menyewa ojek perahu untuk berkeliling di sekitar sungai yang di pakai untuk area pasar. Oya, pasar terapung ala Thailand ini memiliki jam operasional dari jam 5 pagi sampai 11 siang.
Ongkos yang diperlukan untuk menyewa perahu di Wat Sai Floating pun terbilang murah. Hanya dengan 300 Bath atau sekitar Rp90.000,00 per perahu kita sudah bisa berkeliling sejauh lebih kurang 5 km. Pemandangan langsung kehidupan warga di sekitar sungai menjadi teman selama perjalanan menggunakan perahu.

Istimewanya yang ada di sungai ini, yaitu keberadaan ikan patin yang populasinya sangat banyak dan hidup dengan tenteram dan damai di sungai ini. Hal ini dikarenakan tidak ada warga yang mau menangkap ikan-ikan tersebut. Jadi, jangan pernah berfikir kalau sungai ini kotor seperti Ciliwung atau Cisadane karena walaupun dijadikan pasar, di sepanjang sungai yang berada di sekitar Wat Arun juga terdapat banyak rumah-rumah warga yang bisa mejaga kebersihan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar