Rabu, 21 Desember 2011

Panduan Seting Car Audio Bagi Pemula

"Special Thanks to Bro mqmq (kaskus maniac) atas tulisannya yg bisa menjadi panduan bagi para pemula"



Pada dasarnya untuk pemasangan audio mobil yang baik, the man behind the gun aka installer adalah unsur terpenting. Jadi sebelum menentukan komponen2 apa saja yang mau dipasang, dengarkan dulu hasil settingan installer tersebut. Kalau bisa dengarkan settingan installer tersebut dengan menggunakan komponen2 murahan.

Logikanya, jika dengan menggunakan komponen murahan bisa menghasilkan settingan yang bagus dan sesuai dengan selera pendengar, tentunya akan lebih bagus lagi apabila menggunakan komponen yang lebih high end.



Setelah selera pendengar dirasa cocok dengan hasil settingan installer tersebut, langkah berikutnya adalah pemilihan komponen. Dalam pemilihan komponen, faktor utama yang harus diperhatikan adalah parameter. Dalam bahasa awam parameter adalah kemampuan potensial suatu komponen untuk memenuhi spesifikasi yang diinginkan. Merek komponen tidak begitu penting, karena merek hanyalah marketing effort belaka.

Logikanya, settingan audio mobil semata2 hanyalah penggabungan beberapa spesifikasi teknis beberapa komponen. Jadi yang perlu diperhatikan pertama kali adalah seberapa mampu komponen tersebut memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan.

Setelah spesifikasi minimum terpenuhi dan dana yang tersedia masih cukup, barulah pemilihan merek favorit dilakukan, karena bagaimanapun komponen mahal akan menghasilkan sesuatu yang dianggap lebih sempurna, tetapi itupun tergantung selera subjektif.

Untuk spesifikasi terdasar dari sebuah sistem audio mobil aliran SQ, dibutuhkan 1 HU yang bisa memutar CD, 1 power amplifier 2 channel, 1 set speaker split dengan x over bawaan pabrik, peredam getar yang baik.

Pemutar CD diperlukan karena sampai saat ini, media CD masih dianggap media yang terbaik dengan harga terjangkau untuk mendengarkan lagu. 1 power 2 channel digunakan untuk drive 1 set speaker split. Peredam getar digunakan untuk meredam getaran yang ditimbulkan oleh speaker yang ditanam di door trim mobil.

Dari 4 komponen diatas, bila dipasang dengan angle yang benar, akan menghasilkan SQ yang cukup baik, dengan biaya murah meriah. Taksiran biaya sekitar 5 jutaan.

Jika ada dana lebih, barulah dipikirkan untuk penambahan sub woofer, power tambahan untuk drive sub, EQ, capasitor bank, custom passive x over.

Sub woofer diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan frekwensi rendah, bagi orang awam efek yang dihasilkan adalah musik menjadi lebih hidup. Syarat sub yang baik selain parameter yang memenuhi syarat adalah pembuatan boks sub yang benar ukurannya. Sub semahal apapun jika tidak dipasang pada boks yang memang sesuai untuk sub tersebut, tidak akan menghasilkan suara yang benar. EQ dibutuhkan untuk menyesuaikan settingan sesuai dengan kondisi akustik tiap mobil yang berbeda2, sehingga dapat diatur sampai sesuai dengan selera pendengar. Cap bank digunakan untuk menyediakan tenaga cadangan bagi sistem untuk menghasilkan suara yang baik tanpa tergantung penuh kepada tenaga accu mobil. Terkadang tenaga accu tidak cukup cepat untuk dapat menyediakan tenaga yang dibutuhkan sistem audio. Custom passive x over adalah komponen terpenting dalam membangun sistem audio mobil. komponen inilah yang dapat membagi tugas aka frekwensi kepada setiap speaker sesuai dengan kemampuan masing2.

Panduan pemilihan komponen audio mobil

Speaker
Sedapat mungkin beli speaker yang brand new, kecuali kita tahu persis sejarah speaker bekas yang akan kita beli. Pilih speaker yang parameternya baik, kalau mau hasil akurat, ukur dengan LMS. Kalau tidak ada LMS dapat dibaca dari spesifikasi teknisnya, biasanya hasilnya sedikit kurang akurat.

Power
Power terbaik yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau adalah power2 jadul buatan USA. Biasanya power tersebut diproduksi sekitar tahun 80-90an. Sering juga disebut power old school. Alasannya adalah karena pada jaman itulah power dibuat dengan mengutamakan mutu, belum terpengaruh usaha2 efisiensi dalam menghadapi krisis ekonomi. Masalah usia pakai tidak perlu dikhawatirkan karena komponen2 tersebut dapat diremajakan dengan mudah. Beberapa merek power old school adalah a/d/s, Alpine, Autotek, Earthquake, HiFonics, Linear Power, MTX, Orion, Phoenix Gold, Precision Power, Rockford Fosgate, Soundstream, U.S. Amps and Zapco. Beberapa merek diatas dibuat menggunakan tangan (hand made), yang tentunya dapat ditebak kualitasnya.

Pemilihan power dapat mempengaruhi warna suara yang dihasilkan. Karenanya sebisa mungkin dengarkan dulu suara yang dihasilkan power tersebut, apakah sudah sesuai dengan selera pendengar. Jangan pernah memilih power berdasarkan review semata, karena selera pendengar sangat subjektif.

Peredam Getar
Peredam yang baik adalah peredam yang berbobot ringan tapi memiliki kemampuan menyerap getaran dengan optimal. Biasanya dimiliki oleh merek2 impor. Peredam lokal biasanya berbobot berat sehingga akan mempengaruhi bobot kendaraan apalagi kalau dipasang full body. Penambahan bobot kendaraan akan berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar kendaraan.

Kabel
Dalam sistem audio, pemilihan kabel juga perlu diperhatikan. Tidak semua kabel perlu menggunakan yang berkualitas bagus, kecuali memiliki dana yang sangat berlebih. Hanya beberapa bagian tertentu saja yang perlu menggunakan kabel kualitas baik, sisanya cukup menggunakan kabel kualitas normal.

Rasanya sekian dulu panduan yang bisa saya ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi saya, semoga bisa menjawab pertanyaan2 kaskuser yang baru mau bermain car audio. Jika ada yang mau menambahkan, silahkan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar